Selamat Datang Di Blog Media Pembelajaran Saya, disini saya memposting berbagai media untuk kawan-kawan agar menambah sedikit ilmu dan pengetahuan kawan sekalian, bila ada Saran dan Kritikan Saya Harap kawan-kawan dapat membantu demi kelancaran Blog saya ini .

Media OHP

1 Comments »
Pengertian Media OHP


Overhead projector (OHP) merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang sederhana, terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang memuat materi pengajaran1. Overhead projector dapat menghasilkan cahaya yang amat terang dari lampu proyektor yang diproyeksikan ke layar OHP. Overhead projector berfungsi untuk memproyeksikan (menyajikan) transparansi.
Overhead transparancy (OHT ) adalah sarana visual berupa huruf , lambang, gambar, grafis maupun gabungannya yang dibuat pada bahan tembus pandang atau transparan untuk diproyeksikan pada sebuah layar atau dinding dengan menggunakan alat yang disebut “overhead projector “ atau OHP.
Over Head Proyektor/Over Head Transparansi (OHP/OHT) Pada dasarnya digunakan untuk memproyeksikan transparansi ke arah layar yang jaraknya relatif pendek, dengan hasil gambar atau tulisan yang cukup besar. Proyektor ini direncanakan dibuat untuk dan dapat digunakan oleh guru di depan kelas dengan penerangan yang normal, sehingga tetap terjadi komunikasi antra siswa dan guru.
Overhead proyektor mulai dikembangkan pada akhir perang dunia ke-2 dandirancang khusus sebagai media untuk penggunaan diruang kelas. Hal itu terlihat daricirinya yang mengandalkan tenaga listrik dan lampu proyektor untuk memproyeksikan gambar atau benda. Kemudahan dalam mengoperasikannya, membuat media ini menjadi salah satu media terbaik dan terpopuler yang pernah dirancang untuk mengajar dan bentuk presentasi lainnya.

Perangkat OHP berbentuk empat persegi panjang dengan bermacam-macamukuran, yang berisikan lampu lensa, kaca, kipas angin kecil dan tombol “on & off”. Singkatnya OHP memang sangat sesuai untuk siapa saja dan dalam kegiatan apa saja karena kemudahan dan portabilitasnya.
Setelah mengetahui penjelasan mengenai OHP adapun kelemahan dan kelebihannya, antara lain 
Kelemahan OHP, antara lain sebagai berikut :
  1. Memerlukan persiapan yang matang dan terencana, terutama bila menggunakan teknik-teknik penyajian yang kompleks.
  2. Urutan OHP mudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas.
  3. OHP merupakan hal yang tak dapat dipisahkan, karena sebuah gambar dalam kertas biasa tidak bisa diproyeksikan melalui OHP.
  4. Membutuhkan keterampilan khusus untuk menuangkan pesan atau ide-ide yang baik pada transparansi, sehingga mudah dicerna oleh penerima pesan atau pembelajar.

Kelebihan OHP, antara lain sebagai berikut :
  1. Praktis, dapat digunakan untuk semua ukuran kelas.
  2. Memberikan kemungkinan tatap muka dan pemberi pesan dapat mengamati respons dari penerima pesan atau pembelajar.
  3. Memberikan kemungkinan pada penerima pesan mencatat.
  4. Memiliki variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan.
  5. Memungkinkan penyajian dengan berbagai kombinasi warna.
  6. Program OHT dapat disusun kembali berdasarkan urutan materi dan dapat dipergunakan berulang-ulang.
  7. Tidak diperlukan operator pembantu khusus.
  8. Tidak memerlukan penggelapan ruangan.
OHP memiliki beberapa keuntungan utama yang tidak dimiliki oleh media instruksional lain, diantaranya :
  1. Mudah dioperasikan.
  2. Memudahkan posisi mengajar.
  3. Tidak perlu mengubah cahaya lampu.
  4. Hemat waktu.
  5. Dapat digunakan kembali.
  6. Mudah disimpan.
  7. Kemampuan memproyeksikan benda nyata.

Kegunaan Media OHP
Pada dasarnya Overhead Projector (OHP) berguna untuk memproyeksikan transparan ke arah layar yang jaraknya relatip pendek, dengan hasil gambar/tulisan yang cukup besar.  Proyektor ini direncanakan dibuat untuk dapat digunakan oleh guru di depan kelas dengan penerangan yang normal, sehingga tetap terjadi komunikasi antara guru dengan siswa.
Adapun kegunaan dari OHP antara lain :
  1. Pengganti papan tulis dengan menggunakan pen khusus yang dituliskan pada lembaran transparan/plastik atau gulungan transparan.
  2. Tempat menunjukkan/memproyeksikan transparan yang telah disiapkan sebelumnya
  3. Tempat menunjukkan bayangan suatu benda.
  4. Tempat menunjukkan model-model barang kecil baik dalam bentuk gerak atau diam.
  5. Untuk mendemonstrasikan suatu percobaan. Contoh : bagaimana gaya magnet bekerja terhadap serbuk besi.
  6. Untuk menunjukkan diagram aliran suatu sistem tertentu.
  7. Untuk memperlihatkan suatu sistem tertentu.
Jenis-jenis Media OHP
Overhead projector sampai saat ini ada 2 macam, yaitu :
a.             
OHP type standard (standar lecture haal type)
Pada OHP model ini lampu replektor dan kipas pendingin ditempatkan dalam kotak bagian bawah. Hal ini yang menyebabkan bentuk dan ukurannya menjadi besar dan mengurangi kepraktisannya. Kepala proyektor adalah suatu bagian yang berisi lensa – lensa objektif dan kaca pemantul untuk mengarahkan sinar ke arah layar. Kelebihan OHP jenis ini adalah lebih tahan untuk nyala lebih lama, karena udara panas akibat nyala lampu dapat dihembuskan keluar oleh kipas angin.


b.     OHP type portable ( ringan, mudah dibawa)
Bentuk OHP jenis ini lebih camping dan bersifat portable. Pada OHP jenis  ini, lampu proyektor dipasang menjadi satu dengan lensa. Tipe ini tidak dilengkapi dengan kipas pendingin, jadi, tidak diperlukan lagi bagian kotak besar seperti pada jenis OHP tipe standar. Oleh karena itu OHP jenis ini dapat dibawa kemana - mana. Namun, jenis OHP ini mudah panas sehingga jika terlalu lama dinyalakan lampunya mudah putus.



00.29

1 Response to "Media OHP"

PSC Indonesia Says :
12 Desember 2014 23.41

dengan adanya OHP sekarang pembelajaran lebih mengarah ke bentuk digital
ini tentunya akan semakin mempermudah guru dan siswa dalam proses belajar mengajar
pembelajaran pun akan semakin efektif dan menarik

PSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
Telp. 0815 797 4549
BB. 7585807C
www.pscindonesia.com

Poskan Komentar